Cara Sederhana Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop

Baiklah kesempatan baik ini saya akan coba berbagi kembali sebuah tutorial tentang Cara Sederhana Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop. Untuk hasil yang maksimal dalam pembuatan huruf 3 dimensi (3D) anda harus menggunakan program Adobe Illustrator. Tapi disini dalam hal membuat huruf yang diberi efek 3 dimensi (3D) hanya menggunakan Adobe Photoshop saja dan tentunya hasilnya juga tidak akan sebagus olahan Adobe Illustrator, tapi menurut saya lumayan keren juga tidak tau kalau menurut anda apalagi menurut seorang ahli dalam hal bidang design grafic ….

Cara Sederhana Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop, bisa anda kembangkan lagi sesuai dengan selera serta kreatifitas anda. Tapi disarankan bagi anda yang masih pemula atau baru mengenal Photoshop, sebaiknya ikuti saja langkah demi langkah sesuai dengan tutorial ini.

Baiklah Cara Sederhana Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop adalah sebagai berikut :

Seperti biasa setelah Photoshop yang sudah terinstall dalam komputer atau laptop dibuka, selanjutnya buat File baru dengan cara klik File>New atau tekan Ctrl+N pada keyboard. Dan buat sebuah file baru dengan Width 10 cm dan Height 5 cm serta Resolution 200 pixels/inch.

Sekarang buatlah sebuah text dengan cara klik Horizontal Type Tool pada Tool Box atau tekan huruf T pada keyboard. Klik pada layar kerja dan ketik HURUF dengan jenis huruf Aachen BT dan ukuran huruf 80pt. Untuk jenis huruf silahkan sesuaikan kembali dengan selera anda …. Lalu atur text yang sudah anda buat supaya posisinya berada ditengah area kerja, dengan cara klik Move Tool pada Tool Box atau tekan huruf V pada keyboard. Maka otomatis setelah anda mengetik sebuah text, akan terbentuk sebuah layer baru dengan nama Huruf (sesuai dengan yang kita ketik).

Dalam keadaan layer Text aktif, selanjutnya klik Menu Layer>Type>Convert to Shape.

Maka pada Pallete Layers Text HURUF akan berubah seperti yang terlihat pada gambar dibawah :

Setelah itu klik Menu Edit>Transform Path>Perspective.

Gunakan mouse dan letakkan pada titik sudut kiri atas atau bawah, lalu klik tahan dan geser kebawah atau keatas. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah :

Setelah sukses menggeser Huruf secara Perspective, klik ganda/double klik pada tengah-tengah area kerja atau tepat pada posisi tengah huruf. Selanjutnya lalukan pewarnaan pada text dengan cara klik kanan pada Pallete Layers HURUF dan pilih Blending Options. Maka anda akan dihadapkan pada kotak dialog Layer Style, lalu centang atau tandai pada Gradient Overlay dengan Blend Mode Normal, Opacity 100%, Style Reflected. Untuk Gradient beri perpaduan warna #204b80 dan #4286d8. Lihat gambar dibawah, jika pengaturannya sudah sesuai dengan gambar dibawah klik OK.

Sekarang duplicat Layer HURUF dengan cara tekan Ctrl+J pada keyboard, maka otomatis akan terbentuk sebuah layer baru hasil duplicat dengan nama HURUF Copy.

Klik aktifkan Layer HURUF atau Layer Text Pertama (1), klik kanan pada layer HURUF pilih Blending Options. Setelah kotak dialog Layer Style aktif, centang atau aktifkan pada Color Overlay dengan Blend Mode Normal dan Opacity 100%. Lalu untuk warna beri ukuran #9b9b9b dengan cara klik pada warnanya.

Sekarang aktifkan Move Tool pada Tool Box atau tekan huruf V pada keyboard.

Masih Layer Text HURUF Pertama (1) yang masih aktif, geser dengan menggunakan tanda panah samping kiri pada keyboard sebanyak 20 kali dan geser juga menggunakan panah atas pada keyboard sebanyak 10 kali.

Sekarang perbesar area kerja dengan cara tekan Ctrl+Spasi pada keyboard lalu klik pada mouse. Sehingga semakin jelas bahwa pada sudut HURUF masih terlihat belum sempurna, masih kelihatan terpisahnya. Lihat gambar dibawah yang saya lingkari warna merah.

Sekarang tugas anda adalah menyatukan antara Huruf yang berada dibelakang dengan Huruf yang berada didepan. Layer HURUF dengan Layer HURUF Copy, supaya kesan 3 dimensinya semakin terlihat. Gunakan Pen Tool yang berada pada deretan Tool Box atau tekan huruf P pada keyboard untuk mengaktifkannya. Selanjutnya beri warna #9b9b9b pada Set foreground color.

Lakukan pengeditan dengan cara di-klik setiap titik sudut yang hendak ditutup atau disatukan. Untuk lebih jelasnya lihat saja gambar di bawah :

Nah hasilnya kalau semua prosedurnya benar maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah :

Selanjutnya anda dapat merubah backgroundnya, yang dalam tutorial disini defaultnya warna putih. Sebelum melakukan untuk merubah background, saya sarankan agar anda satukan dulu semua layer HURUF selain layer Background. Dengan cara Klik pada layer yang paling atas lalu tekan Shift pada keyboard (sambil tahan) dan klik lagi pada layer yang paling akhir/bawah atau diatas layer Background. Setelah aktif semua layer, tekan Ctrl+E pada keyboard. Nah setelah itu sekarang anda lakukan untuk merubah default warna Background dengan cara klik ganda/double klik pada Layer Background klik OK. Maka otomatis yang semula namanya Background menjadi Layer 0. Sekarang anda tinggal rubah warna background sesuai dengan selera, bisa anda beri background dengan cara klik kanan pada Layer 0 lalau pilih Blending Options (Layer Style), atau dengan Gradient Tool, Paint Bucket Tool pada Tool Box, bahkan dengan gambar juga bisa. Caranya menganti background dengan gambar bisa anda lihat pada postingan saya disini.

Berikut hasil akhir tutorial Cara Sederhana Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop yang sudah saya beri background efek texture.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …


Baca Artikel Lain :

About these ads

Perihal onesetia82
Blog sederhana ini berisi tentang berbagai informasi yang hubungannya dengan Software dan Aplikasi Komputer, Tips dan Tricks, Tutorial, serta Info menarik lainnya. Ma'af jika dalam pembenahan bahasa dan susunan kata pada setiap artikel kurang layak dibaca, karena hanya Sekedar Menuruti Kata Hati . . . Selengkapnya ==>

34 Responses to Cara Sederhana Membuat Huruf 3D Dengan Photoshop

  1. Jefry mengatakan:

    saya kepengen bisa untuk membuat huruf 3d menggunakan photoshop, itung2 bisa saya pergunakan untuk membuat logo bagi usaha saya
    terima kasih infonya

  2. Ping-balik: TUTORIAL | MULTIMEDIA DESIGN

  3. Ping-balik: Teknik Dasar Cara Mewarnai Rambut Dengan Photoshop | multimedia tutorials

  4. nomor cantik mengatakan:

    makasi tutorialnya mas…

Beri Komentar Seikhlasnya Saja ==>

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: